Breaking

LightBlog

Sabtu, 12 September 2015

Penyebab dan cara mengatasi kamera smartphone buram karena baret/berembun

hasil kamera buram?? kaca pelindung lensa kamera baret/tergores?? ada embun dalam ruang lemansa kamera smartphone?? 



Penyebab dan cara mengatasi kamera smartphone buram karena baret/berembun
Bingkai/kaca pellindung lensa baret
selamat sore sob.. gimana kabarnya nih??
Semoga pada sehat wal-afiat yaa..  
Oke pada postingan kali ini saya akan share tentang bagaimana cara mengatasi hasil kamera smartphone yang  buram. Kisah ini berawal dari pengalaman pribadi sih, waktu itu saya hendak memotret sebuah objek yang saya rasa cukup unik, namun betapa terkejutnya saya terhadap hasil kamera yang begitu sangat tidak memuaskan, kenapa tidak karena sebelumnya kamera saya masih baik2 saja. Memang sudah  lumayan lama saya tidak menggunakan kamera hh oprekan ini kalo nggak salah sekitar 1-2 bulanan gitu karena kesibukan akhir-akhir ini yang mungkin cukup menyita waktu. Nah atas kejadian tersebut saya mengingat-ingat perihal apa yang sampai menyebabkan kamera android saya tersebut sampai min 25 :v :v kwkw.. 

Penyebab dan cara mengatasi kamera smartphone buram karena baret/berembun
hasil kamera buram, tidak nampak objek sama sekali

Sungguh miris hati melihat hasil kamera hh saya yang begitu parahnya. Sempat terfikir akan membeli smartphone yang baru, namun sayang rasanya jika harus mengeluarkan budget lebih hanya karena masalah di kamera, padahal spesifikasi lainnya masih terbilang cukup lumayanlah..akhirnya saya putuskan memberanikan diri untuk mencoba memperbaikinya sendiri dengan segala resiko yang akan saya dapatkan nanti (hati berdebar-debar sih antara berhasil atau malah tambah parah :v, ahh bodo amat mending gagal mencobalah dari pada penasaran diam saja hehe maklum jiwa opreakers kebawa,,kwkw)
Sebenarnya yang menyebabkan kamera menjadi buram ini ada beberapa faktor,

1.       Kaca pengaman lensa baret/tergores
Hal ini bisa saja terjadi karena sering bergesakan dengan benda padat/kasar apalagi desain posisi kamera lebih tinggi dari pada posisi casing belakang (sama seperti desain hp milik saya). Kemungkinan lain terjadi karena sering keluar masuk saku yang terlalu ketat sehingga tanpa kita sadari hal tersebut akan membuat gesekan antara kaca pelindung lensa dengan kain saku yang terus menerus akan membuat kaca pelindung menjadi baret, terlebih lagi jika bahan yang digunakan berbahan jeans/kasar.
Saran: berilah pelindung hp/flip cover untuk melindungi hp sobat dan terutama kaca lensa kamera. Jangan menaruk hp/smartphone sobat dalam ruang yang terlalu sempit, tarulah dalam tas atau dalam saku yang cukup longgar dan berbahan lembut.


2.       Kaca pengaman lensa berembun
Hal ini tidak menutup kemungkinan akan terjadi karena hawa panas yang di timbulkan dari komponen hp secara terus-menerus akan menguap melewati celah/pori-pori lensa kamera sehingga ketika suhu telah menjadi dingin uap panas tersebut akan berubah menjadi embun. Kemungkinan lain terjadi karena hp kita pernah jatuh ke air sehingga air akan masuk melewati celah-celah kecil dari kaca penutup lensa.
Saran: gunakan hp sobat sewajarnya (menghindari panas berlebih) dan mengeringkannya terlebih dahulu jika tercebur ke dalam air (kecuali sudah anti air)

Cara mengatasinya

1.       Oleskan kaca pelindung lensa dengan menggunakan pasta gigi.
Yaa pasta gigi di yakini bisa mengikis benda-benda yang terbuat logam. Caranya dengan mengoleskan sedikit saja pada kaca pengaman lensa kemudian gosok-gosok perlahan menggunakan kapas/kain kacamata atau kain yang bertekstur lembut. Setelah itu di coba kameranya, ulangi hal ini jika dirasa perlu/hasil belum maksimal.

2.       Berikan hawa panas pada daerah sekitar kaca pelindung lensa
Karena lensa berembun, maka kita harus membuat embun itu menjadi hilang dengan cara memanasinya dengan hairdryer namun jangan terlalu lama lakukan sekitar 3-5 detik. Atau bisa cukup dengan memberikan hawa dari mulut kita kemudian di lap dengan tisu/kain lembut.

3.     Bongkar bingkai/kaca pelindung kamera.
Hal ini merupakan tahap terakhir jika kondisi kaca pelindung sudah baret cukup parah atau embun yang ada daalm lensa terlalu banyak. Untuk mengatasinya  sobat klik link berikut, cara membongkar bingkai/kaca pelindung lensa kamera. saya telah merangkumnya di lain post agar sobat dapat memahaminya step by step dengan mudah yang telah saya sertakan dengan gambar.


 hack sticker bbm dengan mudah




Kamu seorang fashionista?? Wajib coba Jolie Jogja Wirobrajan

35 komentar:

Unknown mengatakan...

Kalau kamera gabisa fokus (sentuh layar berkali kali tapi objek gabisa fokus) itu gimana ya?

Anonim mengatakan...

ngahahahaha.... hp ane anti air tapi tetep aja di lensa cameranya ada embunnya :V

Unknown mengatakan...

Ini kalo yg burem karna baret2 gimana solusinya?

Unknown mengatakan...

Gan..kamera zenfone6 ane bersemut..udah ngikutin cara diatas lumayan berkurang gan..tapi kalau ngambil gambar dari dekat semutnya tetap ada gan..

Unknown mengatakan...

Gan..kamera zenfone6 ane bersemut..udah ngikutin cara diatas lumayan berkurang gan..tapi kalau ngambil gambar dari dekat semutnya tetap ada gan..

karimunjawa mengatakan...

wah makasih bnyak sudah share trik nya ya gan

syaqieb world mengatakan...

Sama-sama gan semoga bermanfaat

syaqieb world mengatakan...

Yang pertama diliat dlu penyebab utamanya gara-gara apa, apakah memang dr bawaan kameranya ato emang ada hal lain yg menyebabkan kamera agan kualitasnya menurun. n utk pengambilan dr jarak dekat itu tergantung dr kepekaan/density kamera agan, tiap merek berbeda-beda. klo boleh tau kamera agan berapa pixel??

syaqieb world mengatakan...

Seperti yang saya jelaslan di atas mbak, langkah pertama dengan menggunakan pasta gigi, gosok secara perlahan, dengan lembut, di sarankan menggosoknya dengan searah,gunakanlah kain lembut. Namun jika cara tersebut masih belum berhasil, bisa menggunakan cairan brasso tetapi cara ini tdk d anjurkan karena cairan ini sebenarnya untuk bahan logam untuk pengkilap dan sebagai penghilang karat. Lakukan seperti langkh pertama. Di sarankan kaca pelindung dilepas terlebih dahulu krn jika membersikannya secara langsung ad kemungkinan cairan tersebut akan masuk pada celah" perekat kaca pelindung dg casing. semoga bermanfaat

syaqieb world mengatakan...

makasih atas kunjungannya agan yg terhormat. Namun Yang perlu agan ketahui penyebab embun dalam lensa kamera itu sendiri bukan hnya d sebabkan oleh air saja, tetapi bs juga krn penyebab suhu panas dr smartphon sobat yg mengendap pd ruang lensa kamera..semoga bermanfaat

syaqieb world mengatakan...

Terimakasih atas kunjungannya agan m hudan aqwaam. Yg perlu d ketahui kamera agan berapa pixel dan apakah sudah mendukung auto focus ap belum. Jika belum maka jelas tidak akan bs, namun jika sudah mendukung fitur tersebut, bs jd dipengaruhi oleh jarak antara objek dg kamera karena stiap hp memiliki kepekaan tersendiri dlam menentukan jarak objek minimumnya.. jadi harus d sesuaikan jarak hp agan dg objek agar bs fokus pd objek tersebut

Pitong mengatakan...

kamera smartphone saya juga gitu gan, mau nyoba trik ini dulu siapa tahu berhasil :)

Anonim mengatakan...

Kamera saya burem tapi pas lihat2 bukan pada bingkai nodanya tapi pada lensanya,bagaimna cara membersihkannya
Hp yg saya gunakan z1 compact

Unknown mengatakan...

makasih gan informasinya sangat bermafaat

Unknown mengatakan...

gan ane beli hp dengan camera belakang 8mp, pertama beli masih bagus fotonya kok sekarang jadi jelek ya gambarnya gk sejernih pas baru beli padahal kaca pelindung lensa baru beli

Natasya Adinda Putri mengatakan...

kamera depan zenfone 5 saya buram.saya kira pelindungn layarnya yang bikin buram.ternyata setelah saya lepas pelindug layarnya tetep aja burem.kalau kaya gitu gimana ya cara mengatasi nya?

wahyu mengatakan...

gan klo kaca nya gk gores kira" lensa dlmnya yg tak ksih odol rusak kgk kira?? hhheeehheee mklum gan newbie,,,
posisi hp himax pol 2

Unknown mengatakan...

Klo pelindungnya pecah remuk gmna tuh? Bsa di gnti ga ya??

WHI store mengatakan...

gan kira² kalo udah di copot kaca lensa nya . tapi masih buram . itu knapa ya ..

Unknown mengatakan...

Salam kenal.
Makasih share-nya.
Nanti mau nyoba... :D

Unknown mengatakan...

Gan pelindung kamera ane ngga burem tapi kalo di buat foto mesti blur dan susah fokus kira² cara ngatasinnya gimana ya?
Mohon pencerahannya gan

Unknown mengatakan...

Gan pelindung kamera ane ngga burem tapi kalo di buat foto mesti blur dan susah fokus kira² cara ngatasinnya gimana ya?
Mohon pencerahannya gan

Unknown mengatakan...

makasih min triknya berguna banget kamera bagus lagi hihi tqtq ;;)

Hah??? mengatakan...

الْØ­َÙ…ْدُ Ù„ِÙ„َّÙ‡ِ رَبِّ الْعَالَÙ…ِينَ.
Hasil foto zenfone 2 ane gak buram lg cuma gara2 pasta gigi.super bgt.
Bagus bgt tipsnya.sukses selalu.

Like Share mengatakan...

Mantap bang, kamera ane awalnya blur + backlight, ane kira sensor G lensnya rusak eh trnyata karna ada debu bandel yg menempel. Stelah ane kasih pasta gigi, udah kayak SLR lg. Thank you. Sangat membantu, sukses trus bang.

Unknown mengatakan...

Mau nanya gan, sering kebanting bisa buat kamera buram jga gk sih? Soalnya hp ane kameranya mulai buram karna bberapa kali jatuh. Infonya dong gan. Makasih

Rifki Dwi Prastomo mengatakan...

Thanks broo... It's work :)

Unknown mengatakan...

Kamera handphone Xiaomi Redmi Note 3pro saya tidak bisa autofokus tetapi jika saya mengambil gambar di objek yang dekat tetap jernih tapi kalau saya ambil foto di objek yang jauh gambar buram dan kamera gak bisa dibuat autofokus padahal baru saya pakai belum ada 1bulan, awalnya baru belik baik2 saja kameranya dan autofokus nya juga bagus tetapi lewat dari seminggu kamera belakang hp saya autofokus nya bermasalah mengambil gambar objek jauh, bagaimana solusinya gan? Terima kasih

Ubek mengatakan...

Wah hpku kameranya agak kacau warna yg tengah.
Mungkin aja aku narohnya sembarangan.
Boleh dicoba nih

Unknown mengatakan...

Gan hp saya setelah di service kamera belakang jdi jelek kamera depannya yang jdi lebih bagus kira kira apa kesalahanya??trmaksih

Atoet mengatakan...

Tipsnya sudah dicoba pd kamera hp saya. It works. Tengkyu...

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

tips nya wajib di coba ni
solder uap

Anonim mengatakan...

Ka mau nanya kan hapeku baru aja pecah aku buat foto biasa aja ka hasilnya tapi waktu itu aku habis kujanan terus aku coba buat foto ada kaya pantulan cahaya gitu itu kenapa ya ka? Ada air ngembun didalem ato gimana ya ka? Mohon bantuanya ya ka

edo mengatakan...

Ka mau nanya kan hapeku baru aja pecah aku buat foto biasa aja ka hasilnya tapi waktu itu aku habis kujanan terus aku coba buat foto ada kaya pantulan cahaya gitu itu kenapa ya ka? Ada air ngembun didalem ato gimana ya ka? Mohon bantuanya ya ka

blogdet mengatakan...

Thanks broo... It's work :)

Adbox