Breaking

LightBlog

Jumat, 27 Maret 2015

Penyebab dan cara mengatasi smartphone lemoet


Selamat berkunjung kembali di syaqieb world...
penyebab dan cara mengatasi smartphone lemot
         Anda yang sedang berkunjung kesini mungkin juga pernah merasakan ketika smartphone anda terasa sangat lemot bahkan hanya untuk sekedar melakukan panggilan/dial up dan perpesanan saja membutuhkan waktu yang sangat lama. Hal tersebut sangat menjengkelkan tentunya. Namun tahukah anda  penyebab ponsel anda menjadi lemot itu sendiri kenapa?? Pertanyaan yang benar.. tentunya ada akibat karena ada sebab. Lalu sebabnya sendiri apa?? Untuk permasalahan tersebut ada beberapa factor yang mempengaruhi yang akan saya jelaskan berikut ini.

Penyebab smartphone terasa lemot yang pertama adalah

1.       kebanyakan pesan yang menumpuk pada memory telepon
 sebenarnya ini adalah hal yang sepele namun jangan salah sebenarnya ini juga bisa mempengaruhi kinerja smartphone kita. Anda bisa membuktikannya dengan menghapus beberapa pesan yang dikira tidak begitu penting oleh anda.

2.       terlalu lama melakukan/menjalankan berbagai aplikasi (multi tasking).

Misalkan anda sedang memuka sebuah game, kemudian anda keluar dari game tersebut dan membuka sebuah/beberapa aplikasi lain kemudian anda membuka game/aplikasi lagi disaat gam/aplikasi sebelumnya belum anda close, inilah salah satu penyebab yang membuat smartphone anda terasa lemot. Hal ini dikarenakan smartphone anda di paksa untuk menjalankan multi tasking yang terlalu banyak, jadi ruang kinerja tersebut menjadi berkurang. Untuk mengetahuinya sebelum anda menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut anda cek terlebih dahulu sisa ruang RAM nya, anda Bisa melihatnya pada pengaturan > apps > menjalankan/run kemudian anda coba jalankan multi tasking (jalankan beberapa aplikasi dan game). Jika anda sudah merasakan  smartphone anda mulai terasa lemot, anda cek ruang RAM nya lagi, bandingkan dengan yang pertama. pasti sisa ruang RAMnya berkurang. Itulah gunanya RAM, bagi anda yang belum mengetahui apa yang dimaksud RAM dan kegunaannya bisa membacanya disini.

3.       terlalu banyak aplikasi yang terinstall.
 Inilah penyebab utamanya karna aplikasi-aplikasi tersebut mempengaruhi ruang gerak RAM. Aplikasi-aplikasi tersebut data-datanya yang dibaca oleh RAM makanya semakin banyak data-data yang dibaca oleh RAM, maka semakin berkurang juga ruang gerak RAM tersebut. Kita sebagai pengguna smartphone harus be smart juga dalam memanage  ponsel kita terlebih lagi memori RAM ponsel kita hanya 512mb atau kurang. Saran saya untuk kinerja yang bisa mumpuni, RAM ponsel kita minimal 512mb karena selain mempengaruhi ruang penyimpanannya, sekarang mulai banyak berbagai aplikasi dan game yang menargetkan minimal spesifikasinya seperti minimal RAMnya.

Cara mengatasinya bisa di coba saran berikut:
1.       Hapus beberapa pesan yang sekiranya kurang penting (untuk permasalahan yang pertama).
2.       Restart ponsel anda (untuk permasalahan yang kedua). Ini akan menghapus data-data yang berjalan disaat aplikasi tersebut terbuka. Namun jangan hawatir data-data tersebut bukanlah data-data penting.
3.       Hapus/uninstall aplikasi yang kurang penting untuk menjangkau ruang gerak ram (untuk permasalahan yang ke tiga). Anda bisa meng-uninstallnya pada pengaturan > apps >  (anda bisa menentukan aplikasi mana yang akan di uninstall tergantung dimana aplikasi tersebut terinstall), bisa pada downloaded, sd card atau juga bisa all. Pilih palikasinya lalu klik uninstall. Namun dengan cara ini anda masih harus meng-uninstall sat-satu. Anda bisa menggunakan aplikasi Unistall yang bisa di download sendiri di playstore.


Untuk penyebab yang ketiga ini anda hanya bisa menguninstall aplikasi-aplikasi dari user (aplikasi yang anda install sendiri) untuk aplikasi bawaannya tidak bisa dihapus. Untuk bisa menghapusnya kalau pada android harus di root terlebih dahulu kalau pada iphone namanya jail break. Root dan jail break itu sendiri adalah aktivitas dimana user dapat melakukan akses penuh pada sebuah perangkat. Kalau sudah mendapat hak akses penuh maka anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang tidak bisa dilakukan oleh user biasanya, misalnya seperti menghapus aplikasi bawaan yang kurang penting dan jarang digunakan.


Itulah beberapa  penyebab dan cara mengatasi smartphone lemot. Namun sebenarnya ada juga cara lain untuk menambah kinerja ram seperi halnya swap ram, ini berfungsi menambah ruang gerak ram dari kapasitas biasanya namun aktivitas ini memerlukan root terlebih dahulu.


 Semoga artikel ini membantu anda ya….. trimakasih atas kunjungannya.
Adbox